Peringatan Hardiknas 2024, Pelajar di Kota Tangerang Tampilkan Karya Kreatif

Sejumlah pelajar mengikuti karya lomba dalam memperingati Hardiknas 2024

Infotangerang.id – Para pelajar di Kota Tangerang menampilkan karya-karya kreatif pada acara Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2024.

Acara yang diinisiasi Dinas Pendidikan Kota Tangerang itu digelar di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (2/5/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengapresiasi kreativitas dari hasil karya para pelajar Kota Tangerang, mulai dari tingkat PAUD hingga SMP.

“Karya-karya yang ditampilkan kreatif-kreatif sekali dan ini merupakan bentuk ekspresi serta hasil dari penerapan proses merdeka belajar dan belajar merdeka,” ujarnya.

“Tentu upaya-upaya ini harus kita tindaklanjuti dan kembangkan agar apa yang sudah dicapai ini terus berlanjut dan bisa memberikan dampak pada perubahan cara-cara kita mendidik anak,” tambahnya.

Nurdin menegaskan, pihaknya akan terus berkomitmen dalam menciptakan wadah bagi pelajar di Kota Tangerang dalam menyalurkan minat, bakat dan kreativitasnya melalui pameran dan aksi para pelajar se-Kota Tangerang.

“Melalui ajang ini, diharapkan menjadi salah satu sarana pencapaian Profil Pelajar Pancasila, yang dapat memberikan kesempatan kepada para peserta didik agar mendapatkan pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya,” ujar Pj.

Eks Kepala Pusdatin Kemendagri ini, turut mengajak kepada seluruh guru dan orang tua agar terus dapat membimbing dan mengembangkan potensi dari masing-masing anak di Kota Tangerang.

“Karena kita semua sadar dan yakin bahwa anak-anak kita punya keunikan masing-masing yang harus kita asah untuk menjadi bekal mereka dalam proses pengembangan diri guna menyongsong masa depan yang cerah,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin mengatakan, kegiatan itu merupakan implementasi P5 dari kurikulum merdeka yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, ber-kebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

“Mudah-mudahan dengan adanya program P5 ini anak-anak dapat lebih termotivasi dan kreativitas anak-anak tetap diasah dan dibangun,” katanya.

Jamaludin menambahkan, pihaknya akan mengupayakan beberapa hasil karya peserta didik yang telah dicapai dan dan dipamerkan dapat dipatenkan dan hasilnya dapat dijual secara umum. “Kita inginkan hasil karya dari peserta didik akan di hak paten dan dapat dijual,” tandasnya. (Irfan)

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.