PUPR : Revitalisasi Pasar Anyar Tangerang Dimulai Akhir September 2023

Revitalisasi Pasar Anyar Tangerang - Pembangunan revitalisasi Pasar Anyar Tangerang ini akan dimulai akhir September 2023 dan dijadwalkan selesai pada semester pertama tahun 2024. (Ilutrasi image istimewa).

Infotangerang.id – Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan revitalisasi Pasar Anyar Tangerang pada Tahun 2023.  

Hal itu terungkap saat tim dari Bidang Prasaran Strategis Kementrian PUPR saat audiensi dengan pemerintah Kota Tangerang.

Audiensi itu diterima langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin beserta jajaran OPD di ruang rapat Puspemkot. Rabu (26/7/2023).

“Bulan Agustus – September tahun ini mulai lelangnya. Mudah-mudahan akhir bulan September bisa dimulai pembangunannya,” ungkap Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR, Ir. Esi Esiah. 

Ia juga menyampaikan bahwa target pembangunan revitalisasi Pasar Anyar ini dijadwalkan selesai pada semester pertama tahun 2024. Artinya, proyek pembangunan revitalisasi ini tidak memakan waktu lama, sehingga Pasar Anyar kembali beroperasi.  

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah memaparkan, revitalisasi Pasar Anyar Tangerang melalui tahapan proses. Salah satunya melakukan sosialisasi kepada 1.300 pedagang dan 300 PKL yang terdata di Pasar Anyar Tangerang.  

Tentang Pasar Anyar Tangerang

Pasar Anyar Tangerang merupakan salah satu pasar tradisional terbesar yang telah berdiri sejak tahun 1967. Lokasinya terletak pada persimpangan antara jalan Nyi Mas Melati dan jalan Ki Asnawi, Kecamatan Tangerang.

Pasar Anyar Tangerang diisi oleh para pedangang yang menjual berbagai macam barang dagangan, mulai dari bahan makanan, pakaian, elektronik, hingga peralatan rumah tangga. 

Pasar Anyar Tangerang telah menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat Kota Tangerang. Di tahun 1991, Pasar Anyar Tangerang sempat mengalami kebakaran, tetapi kemudian dibangun kembali. Pasar ini juga sempat mengalami revitalisasi pada tahun 2012 dan 2016

Berdasarkan data Perumda Pasar Kota Tangerang tercatat bahwa Pasar milik pemerintah kota ini berdiri di atas lahan tanah seluas 24.680 m2, dengan 1.800 kios dan 238 los yang tersedia. (*/ASN)