Segini Harta Kekayaan Sekda Kab. Tangerang Maesyal Rasyid, Pensiun Dini untuk Maju di Pilkada 2024

Sekda Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid. Foto: Prokopim Pemkab Tangerang

Infotangerang.id – Moch. Maesyal Rasyid resmi mengajukan diri untuk mundur sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Tangerang. Hal itu dilakukan agar dirinya fokus berkontestasi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Maesyal Rasyid pun sudah berpamitan kepada seluruh jajaran ASN di Pemerintahan Kabupaten Tangerang saat apel di Lapangan Raden Aria Yudhanegara, Tigaraksa, Senin, 8 Juli 2024.

Maesyal Rasyid mundur dari jabatannya lantaran ingin fokus berkontestasi di Pilkada 2024. Dia mundur sebagai Sekda dan pensiun sebagai ASN setelah 41 tahun mengabdi.

Maesyal Rasyid juga dikenal sebagai salah satu mantan pemain Persita Tangerang di era 80-an. Di lingkungan dekatnya, Maesyal akrab dipanggil dengan nama Rudi.

Maesyal atau Rudi diketahui merupakan alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) tahun 1989. Dia memulai karir sebagai abdi negara di Kecamatan Ciputat.

Karirnya sebagai abdi negara di Pemkab Tangerang terus meroket. Maesyal mulai menjadi Sekretaris Kecamatan Pakuhaji dan Sekretaris Kecamatan Ciputat pada 1996.

Empat tahun kemudian, Maesyal ditunjuk menjadi Camat Balaraja pada tahun 2000. Setahun kemudian Dia menjadi salah satu pejabat kepala bidang di Dinas Pendapatan atau Badan Pendapatan Daerah.

Setelah itu, Maesyal kemudian ditunjuk untuk menjadi Camat Tigaraksa, Kosambi, dan terakhir Camat Curug pada 2008. 

Kariernya di pemerintahan semakin moncer. Maesyal kemudian menjadi Kepala Perijinan BP2T Kabupaten Tangerang pada 2011-2014 dan Kepala Badan Pendapatan Daerah pada 2015.

Nah, pada 2017 Maesyal kemudian ditunjuk Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang menggantikan Iskandar Mirsad.

Maesyal cukup lama menjadi Sekda selama tujuh tahun hingga akhirnya memutuskan pensiun untuk mencalonkan Bupati Tangerang di Pilkada 2024.

Di kontestasi Pilkada 2024, Maesyal akan berpasangan dengan anak mantan Bupati Tangerang Ismet Iskandar dan adik dari Zaki Iskandar, yakni Intan Nurul Hikmah. Bahkan, Maesyal-Intan sudah mendapat restu dari Partai Gerindra.

Harta Kekayaan Sekda Kab. Tangerang Maesyal Rasyid 

Setelah 41 tahun mengabdi sebagai PNS, Sekda Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid ternyata pensiun dengan memiliki harta yang cukup fantastis. 

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periodik 2023, tercatat Moch. Maesyal Raysid melporkan harta kekayaan yang dimiliki mencapai Rp9 miliar atau tepatnya Rp9.052.465.284.

Harta Kekayaan Maesyal itu didominasi dari tata harta berupa tanah dan bangunan yang ditaksir mencapai Rp7.632.145.000. Maesyal juga memiliki harta dari kendaraan sebesar Rp873.000.000 terdiri atas dua mobil, Honda Civic tahun 2018 dan Honda CRV tahun 2019.

Maesyal juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai Rp221.000.000. Sedangkan kas dan setara kas sebesar Rp327.320.284. 

Kini, Maesyal tengah menanti surat pengunduran dirinya sebagai PNS di Pemerintah Kabupaten Tangerang dikabulkan. Bahkan, Maesyal disebut sudah mulai beres-beres dan angkut barang dari ruang kerjanya.

Saat ramai isu keterlibatannya di Pilkada 2024 serta gerakannya ke berbagai partai untuk meraih kursi Bupati Tangerang, Maesyal cukup diuntungkan sebagai Sekretaris Daerah.

Maesyal terbantu publikasi dan branding profile secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Dia pun cukup aktif terlibat dalam berbagai kegiatan di masyarakat, terutama acara seremoni, persemian dan gunting pita yang melibatkan massa banyak.

Apakah kehadiran Maesyal yang menjabat sebagai Sekda Kabupaten Tangerang yang utamanya bertugas di balik meja mengatur instrumen kebijakan dan anggaran pemerintahan itu bertujuan untuk mewakili pejabat daerah karena kekosongan pimpinan? Atau kepentingan pendekatan diri kepada masyarakat untuk Pilkada 2024? Wallahu’alam.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow