Profil Maesyal Rasyid, Sekda Kabupaten Tangerang Pensiun Demi Fokus Jadi Bupati di Pilkada 2024

Profil Maesyal Rasyid, Sekda Kabupaten Tangerang Pensiun Demi Fokus Jadi Bupati di Pilkada 2024

Infotangerang.id – Dalam upacara pagi di Lapangan Maulana Yudhanegara, Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Senin, 8 Juli 2024, Maesyal Rasyid, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, mengucapkan perpisahan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN).

Maesyal memutuskan untuk pensiun dini setelah 41 tahun bekerja di ASN. Dia akan mencalonkan diri sebagai calon bupati Tangerang, dan dia ditugaskan oleh Partai Gerindra untuk menjadi bagian dari Pengenalan Bakal Calon dan memberikan rekomendasi untuk Pilkada Provinsi Banten.

“Banyak pelajaran dan pengalaman yang dialami. Ini merupakan hal yang sangat sulit untuk dilupakan, di mana saat-saat mengabdi kepada masyarakat selama 41 tahun,” ungkap Maesyal, Senin, 8 Juli 2024.

Profil Maesyal Rasyid

Maesyal Rasyid, yang juga dikenal sebagai Rudy Rasyid, adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang.

Maesyal sudah menunjukkan minat dalam sepak bola pada tahun 1974 saat masih bersekolah di SD. Dia bergabung dengan Agus Suparman dan Uwis Duarsa untuk Tim Suratin, yang mewakili Persita Tangerang di kejuaraan nasional dari tahun 1979 hingga 1980.

Maesyal menjadi Honorer setelah lulus SMA pada tahun 1983 berkat dukungan dari H. Yitno, Walikota Administratif Tangerang yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan.

Maesyal kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Bandung hingga tahun 1989. Selama kuliah, dia tetap bermain sepak bola, kali ini bersama PS Pemda Jabar.

Maesyal menyelesaikan pendidikannya di APDN Bandung pada tahun 1989 dan kemudian mendaftar untuk PNS. Dia berhasil lolos. Ia kembali ke Tangerang dan bekerja untuk pemerintah.

Perjalanan Karier Maesyal Rasyid

Maesyal bekerja sebagai staf di Kecamatan Ciputat dari tahun 1989 hingga 1994 sebelum ditunjuk sebagai Penjabat Kepala Desa Sawah Baru, Kecamatan Ciputat.

Maesyal kemudian dipindahkan sebagai Kasubsi Perhitungan di Dinas Pendapatan Daerah. Enam bulan kemudian, dia dipindahkan lagi ke posisi Kepala Sub Bagian Pemerintahan Kecamatan Pakuhaji.

Maesyal naik pangkat menjadi Sekretaris Kecamatan Pakuhaji pada tahun 1996, tetapi dia kemudian dipindahkan menjadi Sekretaris Kecamatan Ciputat pada tahun yang sama.

Maesyal diangkat sebagai Camat Balaraja pada tahun 2000. Namun, pada tahun 2001, dia dipindahkan menjadi Kasubit PBB di Dinas Pendapatan Daerah, yang sekarang bernama Badan Pendapatan Daerah.

Maesyal memulai karirnya di Dinas Pendapatan Daerah dengan posisi singkat sebagai Kasubid PBB selama tiga bulan sebelum diangkat menjadi Camat Tigaraksa pada tahun 2003. Setelah itu, dia menjabat sebagai Camat Kosambi pada tahun 2006 dan Camat Curug pada tahun 2008.

Maesyal naik pangkat setelah menjabat sebagai Camat Curug. Dia kemudian menjadi Kepala Bagian Pemerintahan dan kemudian menjadi Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah pada tahun 2009. Dia juga menjadi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan pada tahun yang sama.

Dia menjabat sebagai Kepala Perijinan BP2T (sekarang DPMPTSP) dari tahun 2011 hingga 2014. Setelah itu, Maesyal naik pangkat menjadi Asisten Daerah 1 (Asda 1) dan kembali menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah pada tahun 2015.

Maesyal Rasyid mencapai puncak kariernya ketika Bupati Zaki Iskandar menunjuknya sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang pada 2 Oktober 2017, menggantikan Iskandar Mirsad.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow