Tangis Haru Muinah, Jamaah Haji Tertua di Kloter 12 Kota Tangerang

Muinah, Jamaah Haji yang berusia 84 tahun dari Kota Tangerang

Infotangerang.id – Muinah yang berusia 84 tahun dari Kecamatan Ciledug menjadi jamaah haji tertua pada kloter 12 Kota Tangerang.

Calon haji tersebut telah berangkat menuju Tanah Suci. Ia telah mengikuti pelepasan rombongan jamaah haji di Taman Elektrik, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu, 15 Mei 2024.

Ia diantar oleh keluarganya ke Masjid Al Azhom Kota Tangerang-sebagai tempat berkumpul keberangkatan calon jamaah dari Kota Tangerang.

Duduk di kursi roda, ia menangis haru di depan sanak familinya yang mengantar sebelum mengikuti proses pelepasan rombongan calon haji ke Pondok Gede.

“Alhamdulillah Umi bisa berangkat naik haji setelah menunggu sejak tahun 2012,” ujar Aldilla Fadwian, cucu Muinah kepada infotangerang.id.

Muinah menangis haru karena bisa menunaikan ibadah Haji setelah menunggu selama 12 tahun. Terlebih, dia sudah sangat sabar menanti keberangkatan dari hasil uang tabungannya.

“Ini memang berkat perjuangan Umi sebagai guru ngaji yang sudah sabar menunggu dan menabung,” katanya.

Selain disibukkan dengan menjadi guru menjadi di lingkungan rumahnya, Muinah juga memiliki kesibukkan memelihara ayam.

“Umi selalu berupaya menyibukkan diri,” tuturnya.

Diakuinya, kondisi kesehatan Muinah masih prima meski sudah menginjak usia 84 tahun. “Semoga perjalanan hajinya bisa berjalan dengan lancar, baik berangkat maupun pulang dan menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Samsudin mengatakan, jamaah haji tertua tahun ini di Kota Tangerang berusia 92 tahun, sedangkan jamaah haji termuda 18 tahun.

Samsudin menyebut, pihaknya selalu memberikan pelayanan prioritas bagi jamaah haji yang telah menginjak usia lanjut (lansia).

“Untuk lansia sebagaimana tahun kemarin kita memang mottonya ramah lansia. Semua lansia ini kita utamakan baik nanti ketika mereka berada di pesawat, bisa dipaling depan VIP, ketika pelayanan di hotel, semuanya lansia kita utamakan lebih awal,” katanya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com