Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan Desa, Pemkab Tangerang Luncurkan Program Baru

Pemkab Tangerang Lucurkan Aplikasi Baru dalam Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Desa

Infotangerang.id – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang luncurkan program magang dan pendampingan tata kelola  pemerintahan desa (Mapan Tako Pemdes) di Hotel Yasmin, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug pada Kamis 30 Mei 2024.

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan tatat kelola pemerintahan Desa yang ada di Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, program mapan tako pemdes ini memberikan kesempatan bagi Pemerintah Desa untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan desa.

Seperti kapasitas, pemahaman, dan keterampilan dalam tata kelola pemerintahan melalui magang dan pendampingan. “Sehingga nantinya mampu menjalankan fungsi pemerintahan desa lebih efektif dan efisien,” kata pria yang biasa disapa Rudi Maesyal.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan pogram ini merupakan pendampingan yang dilakukan dari desa untuk desa. Nantinya, akan ada 15 desa yang menjadi titik lokasi fokus (lokus) pendampingan, dan 15 desa lainnya akan diberikan pendampingan oleh desa yang menjadi pendamping.

Melalui program ini, Rudi berharap adanya peningkatan kapasitas perangkat desa dalam mengelola administrasi dan keuangan desa yang dapat meningkatkan penyerapan anggaran, pelayanan kepada masyarakat, serta pencapaian target pembangunan.

“Diharapkan tata kelola pemerintahan desa dapat menjadi lebih baik, sehingga mampu menjalankan fungsi pemerintahan desa secara lebih efektif dan efisien, dan pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih optimal serta target pembangunan tercapai,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, Yayat Rohimat menambahkan, dengan strategi peningkatan kapasitas pemerintah desa melalui implementasi “MAPAN TAKO PEMDES”, diharapkan tata kelola pemerintahan desa dapat menjadi lebih baik.

“Artinya ada desa yang di jadikan tempat magang dan ada desa yang menjadi peserta magang dengan lama nya magang 5 hari kerja, ” singkatnya.

Ketua Apdesi Kabupaten Tangerang, Maskota juga mengatakan, bahwa pihaknya mendukung program yang digagas oleh DPMPD tersebut. Menurut Maskota, program tersebut sangat membantu meningkatkan kualitas pengelolaan tata kelola pemerintahan desa.

“Saya mendukung penuh program ini, harapannya, Kepala Desa dapat menyesuaikan aturan dan anggaran pemerintahan desa, sehingga dana desa bisa tertib digunakan sesuai dengan harapan masyarakat,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.